Pusat Kajian Halal Menyelenggarakan Seminar Online Penanganan Hewan Qurban di Masa Pandemi Covid-19

Pusat Kajian Halal UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan kegiatan Seminar Online Juru Sembelih Halal (JULEHA) dengan tema “Penanganan Hewan Qurban di Masa Pandemi Covid-19” pada hari Sabtu, 25 Juli 2020, pukul 13.00 – 15.00 WIB via Zoom Meeting dengan pembicara Ir. Nanung Danar Dono, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM., Asean Eng (Direktur Halal Center Fakultas Peternakan UGM) dan  drh. Ermariah (Kepala Bidang Keamanan Pangan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung). Kegiatan seminar online  di moderatori oleh Iwan Ridwan Yusup, M.Pd  dari Pusat Kajian Halal UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ayuni Adawiyah, M.Si, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 202 peserta yang terdaftar melalui form pendaftaran secara online yang tersebar dari berbagai propinsi dengan asal instansi baik dari para pengurus DKM, pendidik (guru dan dosen), instansi pemerintah, pusat kajian halal, mahasiswa dan umum.  Kegiatan seminar online ini didukung oleh Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, LAZIS Darul Hikam Bandung, Indonesian Journal of Halal Research (IJHAR) dan DKM Ikomah. Pjs.Kepala Pusat Kajian Halal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Tri Cahyanto, M,Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar online ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H pada masa pandemi Covid-19. Materi seminar online ini terdiri dari regulasi pelaksanaan kurban di masa pandemi yang disampaikan oleh drh. Ermariah dan teknis pelaksanaan kurban di masa pandemi meliputi kurban dalam perspektif syariat Islam, tata cara memilih dan menangani hewan kurban, tata cara menyembelih hewan kurban, penanganan daging hewan kurban, dan simulasi penyembelihan hewan kurban yang disampaikan oleh Ir. Nanung Danar Dono, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM., Asean Eng.

Dalam sambutannya  Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag menyampaikan, “Program seminar online ini sangat didukung karena menjadi media untuk mengedukasi masyarakat sehingga dapat melaksanakan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam termasuk memperhatikan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19”.

Kegiatan seminar online berlangsung dengan hangat, peserta tampak antusias memberikan pertanyaan baik via chat maupun secara langsung via zoom meeting. Untuk kegiatan ke depan, kegiatan seminar online ini akan diselengarakan dalam bentuk pelatihan maupun workshop, sehingga peserta dapat secara praktik penyembelihan dan penanganan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam maupun ketentuan-ketuntuan lainnya.

Leave a Reply